 |
| Seluk Beluk Kurikulum 2013 dan Keluhan-keluhan dari Siswa 2014 |
Berikut ini akan saya sampaikan artikel dari
kaskus yang ditulis oleh seorang siswa sekolah swasta di Bandung tentang seluk beluk kurikulum 2013 dari sudut pandangnya sebagai siswa.
Baru-baru ini Agan-agan pasti dikejutkan, dan mendengar mengenai diresmikannya Kurikulum 2013 oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurikulum 2013 telah sekejap menjadi fenomena bagi para pelaku-pelaku pendidikan Indonesia, baik siswa maupun guru.
Baru-baru ini Agan-agan pasti dikejutkan, dan mendengar mengenai diresmikannya Kurikulum 2013 oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurikulum 2013 telah sekejap menjadi fenomena bagi para pelaku-pelaku pendidikan Indonesia, baik siswa maupun guru.
Ane akan mengupas sedalam yang ane tahu mengenai Kurikulum 2013
Siswa Membawa Buku Lebih Sedikit
Seperti yang agan tahu, bahwa pendidikan di Indonesia sudah identik dengan membawa buku yang banyak dan sangat membebani fisik para siswa.
Kali ini di Kurikulum 2013, Kurikulum ini mengadaptasi sistem jam pelajaran yang langsung disekaliguskan.
Misal: Pelajaran Matematika memiliki jatah 4 jam pelajaran per-minggu, maka jatah Matematika akan langsung dihabiskan dalam 1 hari. Jadi dalam hari itu ada 4 Jam pelajaran Matematika. Begitu pula dengan pelajaran yang lain, yang memungkinkan siswa hanya membawa 2-4 mata pelajaran saja
Pelajaran Olahraga harus dilaksanakan di pagi hari
Seperti yang agan tahu sendiri, pelajaran olahraga pada awalnya tidak memiliki dasar aturan untuk dilaksanakan di pagi hari (Akan dilangsungkan kira-kira pukul 06.30-09.00)
Nah di kurikulum kita yang baru, mereka mewajibkan olahraga harus dilaksanakan pada pagi hari
Pelajaran Olahraga menjadi beban
Di kurikulum 2013 ini, siswa wajib untuk mampu mengerti teori yang akan di tes secara teori , mampu bertanya akan teori cabang olahraga, lalu yang terakhir barulah praktek
Pelajaran olahraga tidaklah seperti dulu lagi yang langsung main praktek
Jam pelajaran ditambah
Untuk SD, jam pelajaran selama 35 menit
Untuk SMP, jam pelajaran selama 40 menit
dan SMA, jam pelajaran selama 45 menit
ini mengakibatkan siswa jenjang SMA pulang sangat sore tiap harinya, yaitu pukul 15.30
Beberapa sekolah menentang sistem ini, dan membuat sekolah tsb masuk sekolah pada hari sabtu
Guru hanya menjadi instruktur
Guru hanya akan memberikan pengetahuan dasar, tidak akan menjelaskan secara mendalam sekali. Dengan kata lain, mewajibkan siswa untuk mengexplor lebih dalam pelajarannya sendiri.
Kontroversi Ujian Nasional
Ujian Nasional sempat digembar-gemborkan untuk ditiadakan, namun akhirnya Ujian Nasional tetap diadakan.
Khusus untuk jenjang SMA, Ujian bertaraf Nasional akan diadakan dua kali. yaitu pada kelas 11 dan kelas 12 secara serentak
Namun, Ujian Nasional kelas 12 akan dijadikan sebagai kualifikasi untuk masuk perguruan tinggi
Penjurusan SMA ditiadakan
Secara detail, bukan ditiadakan. Namun sudah dijuruskan ke IPA dan ke IPS sejak kelas 10 melalui psycho test.
Ini membuat adanya gap antar jurusan karena anak jurusan IPA, akan memiliki sedikit teman IPS, begitu juga sebaliknya
Diadakannya program baru
Diadakannya Life Skill Programme, Prakarya, dan Lintas Minat. Untuk para siswa, yang cenderung dibebaskan dalam memilih pilihannya
Bahasa Inggris menjadi tidak wajib
Dikarenakan tidak meratanya persebaran akan ketersediaan guru Bahasa Inggris di pedalaman, pelajaran Bahasa Inggris isunya menjadi tidak wajib untuk dipelajari
Kelas Bilingual dilarang
Kelas Bilingual yang umumnya diadakan di sekolah-sekolah yang cenderung sudah maju, ditiadakan dan digantikan dengan kelas yang berlabelkan 'Unggulan'
Pelajaran Komputer ditidakwajibkan
Dikarenakan alasan persebaran dan ketersediaan fasilitas komputer di tiap sekolah, pelajaran Komputer ditiadakan. Namun ironi menimpa mata pelajaran ini, dimana adanya penumpukan pelajaran-pelajaran yang menyudutkan bahkan menghapus pelajaran komputer
Diwajibkan ada air galon
Di tiap sekolah wajib ada satu air galon untuk me-refill botol minum siswa agar siswa dapat mencukupi kebutuhan air minum mereka dengan mudah
Sistem penilaian baru
Biasanya nilai afektif dalam abjad A, B, C, dsb. kan gan? Kali ini nilai afektif dalam angka, dan nilai afektif sekarang benar2 harus di tes, jadi murid harus bertanya, harus menjawab secara lisan, ato praktek lainnya
Sistem rapor
Rapor kali ini sudah berubah gan . Berubah apanya? Nilai sekarang bukan menggunakan angka 0~100, melainkan seperti sistem IPK range 0~4,00
Pramuka diwajibkan dalam kurikulum 2013
Dan akhirnya muncullah beberapa keluhan dari para siswa yang mengikuti kurikulum 2013 sebagai berikut:
Di kurikulum 2013, semua urutan materi berubah lagi, jadi buku yang digunakan pada waktu kurikulum lama (KTSP) tidak bisa digunakan oleh adik-adik di kurikulum 2013
contoh :
BAB Matriks dulunya kelas 3 SMA, sekarang jadi ke kelas 1 dan 2 SMA
BAB Limit dulunya kelas 2 SMA, sekarang jadi diajarkan di kelas 1 SMA
Kelas 1 SMP ada BAB Transformasi (Rotasi, Translasi, Dilatasi, Refleksi)
Akhirnya Bapak dan Ibu guru pun bingung mau mengajarkan apa? Apalagi guru yang belum tersentuh training kurikulum 2013
Ane sebagai TS adalah seorang murid di salah satu SMA Swasta di Bandung. Saya banyak kecewa dengan adanya Kurikulum 2013 dibanding dengan kepuasannya.
Mengapa?
- Pergi pagi, pulang terlalu malam
- Barang bawaan tetep aja banyak, karena bagian kurikulum sekolah juga tidak bisa mengatur sedemikian rupa seperti apa kata kurikulum 2013, dikarenakan adanya guru honorer yang tidak hanya mengajar di sekolah saya.
- Penjurusan dari kelas 10 membuat gap sosialisasi
- Dikarenakan guru harus mengajar minimal sampai pukul 15.30, porsi bagi para guru untuk membuka les setelah sekolah menjadi berkurang, karena terlalu sore/malam
- Penambahan jam pelajaran terutama bagi jenjang SMA membuat jam istirahat berkurang
- Kami dituntut untuk mencari atau memperdalam mata pelajaran yang telah diajarkan di sekolah, namun waktu untuk belajar pun kurang . Bagaimana dengan para murid yang membutuhkan waktu 1~2 Jam di Bandung untuk mencapai rumah masing-masing
- Guru Komputer mengalami penurunan gaji karena jam mengajarnya berkurang
- Udah pulang sore, tetep aja PR menumpuk
- Ujian Nasional menjadi 2x untuk jenjang SMA
- Kesusahan untuk mencari waktu kosong untuk les
Akhir kata, TS bukannya manja karena Kurikulum 2013 ane anggap 'lumayan' menyiksa para murid .
Ane hanya menyuarakan dan memberitahu para Agan-Agan mengenai pendidikan yang dilandasi Kurikulum 2013.
Keluhan yang ane sebutkan ane jamin semua merasakan kok gan Maafkan kalo TS ada salah dalam menyebutkan atau menjabarkan Metode Kurikulum 2013 CMIIW
Ini hasil baca link di atas
USA = 900 ~ 1000 jam / tahun
India = 800 ~ 1000 jam / tahun
China = 1000 jam / tahun
Finland = 856 jam / tahun
Italy = 1089 jam / tahun
Korea = 1020 jam / tahun
SMPK1 BPK = 1400 jam / tahun ( 7 jam x 5 hari x 20 minggu)
Biar adil ditambah sekolah tercinta
Siswa Membawa Buku Lebih Sedikit
salah, jam pelajaran tetap disebar. jadi biologi bisa ada di hari selasa dn rabu
Pelajaran Olahraga harus dilaksanakan di pagi hari
salah, kalau olahraga di sekolah ane diadakn di luar jam sekolah setelah pulang sekolah
Pelajaran Olahraga menjadi beban
Benar, ini aneh masa olahraga teori
Jam pelajaran ditambah
Salah, pulang sekolah saya tetap jam 2 tapi hari sabtu tetap sekolah
Guru hanya menjadi instruktur
Benar, tugas,catt,ujian semua dikerjakan murid
Kontroversi Ujian Nasional
Belum mengalami nggak bisa kasih komen
Penjurusan SMA ditiadakan
Benar, keputusan yang tepat
Diadakannya program baru
Benar, tapi pilihan mata yang bisa dipilih tergantung sekolah. Tapi kalau menurut ane pilihan" yang ada nggak menarik misalnya anak IPA bisa pilih mapel ekonomi dan sosiologi ( milihnya harus 2 gan)
Bahasa Inggris menjadi tidak wajib
Salah, bahasa Inggris tetap wajib
Kelas Bilingual dilarang
Benar
Pelajaran Komputer ditidakwajibkan
Benar, lebih tepat 'ditiadakan' bukan ditidakwajibkan
Diwajibkan ada air galon
Slah, di sekolah ane nggak ada yang beginian air meniral botol tetap dijual 2000
Sistem penilaian baru
Benar
Spoiler for Sistem rapor
Benar
Tambahan:
Ekskul pramuka sangat memberatkan dan menghabiskan waktu dan juga karena udah ada ekskul pramuka, ekskul lainnya jadi nggak ada yang minat sehingga bisa dikatakan menghambat pengembangan potensi diri siswa
Agama 3 mata gan
Di sekolah ane buku cetak yang tersedia masih belum cukup untuk seluruh siswa jadinya pada fotokopi buku semua
Ane luruskan aja yah gan
Bukannya salah atau tidak salah, berarti sekolah agan belum sepenuhnya mengikuti rekomendasi atau kebijakan dari pemerintah, kalo ane boleh buka gan, sekolah tetangga ane SMAK 1 BPK Penabur Bandung tetep aja ada bilingual, DCP, acceleration class, dan LSP class. Itu gimana kebijakan sekolah.
Yang ane sebutkan disini adalah yang ane tahu sejauh ane adalah seorang siswa berdasarkan kurikulum 2013 di sekolah ane.
Mungkin beberapa berbeda, tapi itu karena terpaksa gan pasti, secara garis besar seharusnya sudah disamakan
Ane sekolah dulu dari kelas VII,VIII,IX, X,XI,XII pulang sore terus kurang lebih jam 15.30 karena ada pelajaran tambahan yg dilaksanakan pihak sekolah, murid enjoy aja ngajalaninnya ini baru 8 jam pelajaran aja pada komplain, kalo online berjam-jam pada betah tuh yeee hhha
persetan gan, ane baru pulang jam 13.45 nyampe rumah jam 14.00. ane kelas 10. ane cuma ngenes sama hari sabtu masuk, wajib pramuka, TIK di hilangkan, dan un 2x plus libur semester cuma 1 minggu. #tolakkurikulum13
Ane termasuk kelinci percobaannya kemendiknas nih gan. Lumayan pusing sih. Di kelas 11 ini katanya bakal ada semacam tes kayak ujian nasional gitu, ane lupa namanya.
Klo agan bilang jam pelajaran ditambha itu bener gan. Ane sejak kur 2013 ini pulangnya sore2 mulu. mau belajar di rumah udah keburu capek.
Oiya, guru2 di sekolah ane ngeluh klo sosialisasi kurikulum 2013 belum cukup. Mana buku kurikulum belum dateng pulak ! Jadilah sekolah ane pake buku keluaran erlangga dsb. Jadi bawaannya tiap hari tetep aja sama2 berat.
Yah sebagai siswa, ane cuma bisa ngejalanin dengan penuh usaha. Semoga angkatan kita nggak kenapa napa.
Bingung...
Pelajaran yg emang "seharusnya" berguna untuk di terapkan selepas lulus sekolah malah di bikin ga wajib..
So far menurut saya buat TIK sama pelajaran bahasa asing terlalu berguna buat di bikin jadi tidak wajib.
Berkedok nasionalisme?
Mari gan,kita berfikir realistis aja.
Matematika dan pelajaran eksak usless buat di terapi di kehidupan sehari2.cuma kepake "dasarnya" aja.toh kalo ambil kuliah jurusan eksak juga ngulas dari awal lagi kan???
Gw lulusan sma2012 dan gw mendukung indonesia pake kurikulum lama aja.
Dulu aja jaman masih pake kurikulum lama sekolah gw tetep masuk jam 7.00 pulang 14:30 dan sabtu juga full day.dan apa kabar adik kelas gw kalo kurikulum ini di terapkan.mau pulanv sekolah ba'da isya?
ane ngerasa kurikulum 2013 kurang enak
- untuk yang pertama buku lebih sedikit, emang bener buku sedikit tapi 1 buku aja udah seberat laptop(bahkan lebih) coba aja cek buku erlangga kurikulum 2013 4 buku aja tes udah penuh banget
- olahraga pagi hari dan teori udah biasa kan gan
- jam ditambah, seinget ane dari jaman smp udah 45 menit
- guru instruktur, ini yang paling ane gasuka, guru-guru jadi asal guru yang males jadi lebih bebas, kasih tugas doang kadang trus keluar ntah kemana
- penjurusan ane parah gan udah jadi anak ipa malah dijuruskan lagi antara ekonomi ato geografi, jadi ada 4 variasi kelas selain IBB
- b.inggris ga ada? siap siap 29 my age ama bahasa google transalate lagi deh
- TIK ga ada? padahal tik lumayan seru dan bagus buat ane soalnya ilmu excel cukup penting
- sistem nilai baru? masa nilai 79 sama kaya nilai yang remed
- jam mtk bikin stress gan, sehari bisa 5 jam, kalau 3 jam sisanya fisika habis sudah otak kami
- sabtu masuk?biasa pulang sore ?biasa 1 hari 4 pr? mampus!
Bagaimana menurut anda?
0 comments :
Post a Comment